KHOTBAH KRISTEN ALLAH TEMPAT PERLINDUNGAN YANG SEJATI TUHAN YESUS TEMPAT PERLINGDUNGAN YANG SEJATI MAZMUR 91:1-4

1 Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa 2 akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai." 3 Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. 4 Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.

FAKTANYA

Banyak ditengah-tengah kita orang Kristen yang masih terikat pemahaman, memiliki pengertian bahwa keamanan terbaik; ketika dia punya banyak uang dan segala harta lainnya, dia merasa aman kalau dia memiliki jabatan.

Uang akan penting dan jabatan akan berfungsi pada kegunaannya itu pun terbatas adanya. Uang sebagai alat tukar, jabatan sesuai profesinya.

Jadi uang dan jabatan tidak bisa jadikan standar untuk menjadi kekuatan kita, andalan kita, apa lagi kita berharap dapat melindungi kita tetapi hanya satu-satunya Allah Trinitas yang menjadi penolong yang setia bagi kita selama hayat masih dikandung badan.

Mengapa Allah tempat perlindungan yang sejati bagi kita secara khusus bagi orang Kristen yang hidupnya akrab dengan Tuhan?
Ada tiga alasan paling tidak dalam teks ini yang akan memberikan kepada kita pengertian.
1. Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung. (ayat 3a)

Burung tidak akan pernah tahu, ada jaring yang akan menangkapnya dan habis itu dia akan dibinasakan.

Bagitu juga dengan kita orang percaya, jerat itu dipasang tanpa kita sadari dan tanpa mengetahuinya, tanpa kita melihatnya, tujuannya adalah untuk mencelakakan kita.

Tetapi janji Allah bagi saya dan saudara semua yang hidupnya sudah akrab dengan Tuhan, firman Tuhan katakan “Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung”  

Mengapa Allah tempat perlindungan yang sejati bagi kita secara khusus bagi orang Kristen yang hidupnya akrab dengan Tuhan?
2. Dialah yang akan melepaskan engkau dari penyakit sampar yang busuk. (ayat 3b)
Begitu juga dengan penyakit kita tidak akan pernah tahu kapan penyakit itu datang menyerang kita, melumpuhkan kita, membuat kita tidak berdaya, uang banyak dan jabatan mereka akan membisu tidak berguna, tidak dapat menolong kita.  

Tetapi ingatlah hanya Allah tempat perlindungan yang sejati bagi saya dan saudara semuanya, jandi firman kepada saya dan saudara semua hari ini adalah; Dialah yang akan melepaskan engkau dari penyakit sampar yang busuk.

Kisah Raja Hizkia (2 Raja-Raja 20:6)
 Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku."

Apa yang dilakukan oleh Hizkia dalam keadaan yang sebentar lagi dia akan meninggal? (ayat 2-3)
1. (ayat 2a) Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding. “menolehkan mukanya ke aras dinding”
2. (ayat 2b) ia berdoa kepada TUHAN.
3. (ayat 3a) "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia.
4. (ayat 3b) Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan tulus hati.
5. (ayat 3c) Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu.
6. (ayat 3d) Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.

Mengapa Allah tempat perlindungan yang sejati bagi kita secara khusus bagi orang Kristen yang hidupnya akrab dengan Tuhan?
3. Dialah yang akan akan melindungi kita dengan kepak-Nya (sayap-Nya) Ia akan menudungi engkau. (ayat 4b)

Matius 23:37
... Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

Induk ayam pada saat menudungi anak-anaknya ada beberapa hal yang menarik yang perlu kita perhatikan.
1. Induk ayam sedang melindungi anak-anaknya (tidak terlepas dari masalah, atau ancaman bahaya)
2. Induk ayam sedang mengasihi dan menyayangi anak-anaknya.
3. Induk ayam tahu bahwa anak-anaknya tidak berdaya, tidak ada kemampuan untuk bertahan dan melawan saat ada ancaman yang membahayakan.

KESIMPULAN

Sejatinya perlindungan kita hanya ada di dalam Tuhan Yesus yang lain kesia-siaan, kita yang akan rugi, dan buang-buang waktu ketika kita bergantung di luar perlindungan Tuhan.
Ayat 4b
... di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.

TUHAN YESUS TOLONG KITA, ALLAH YANG SETIA, ALLAH YANG SEJATI, ALLAH YANG MENGASIHI DAN PENYAYANG

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "KHOTBAH KRISTEN ALLAH TEMPAT PERLINDUNGAN YANG SEJATI TUHAN YESUS TEMPAT PERLINGDUNGAN YANG SEJATI MAZMUR 91:1-4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel