PANGGILAN NABI SAMUEL MENGURAPI RAJA SAUL DAN ALLAH MEMILIH MUSA JADI ABDINYA

Sumber: Allah dengan Samuel kepada Saul, bagaimana Samuel yang mengurapi Saul sebagai Raja atas bangsa Israel atas kehendak bangsa Israel mereka menghendaki seorang Raja atas mereka untuk memimpin mereka dan melawan musuh mereka juga 

Pesan: Pesan Samuel kepada Raja Saul supaya ia mepersembahkan korban keselamatan, pada hari yang ketujuh, tetapi yang melaksanakan demikian adalah harus Samuel karna itulah yang menjadi tugas dan tanggng jawabnya, tetapi karna ketidak taatan atau ketidak sabaran Raja Saul sehingga Ia mengambil alih bagian yang seharusnya itu bukan bagiannya. 

Media: Disini media yang digunakan adalah percakapan lanngsung antara mereka berdua Samuel dengan Raja Saul yang artinya tidak memakai alat-alat canggih seperti sekarang ini. 

Penerima: Disini Raja Saul menerima pesan yang di sampaikan oleh Samuel, tetapi Raja Saul berubah sehingga ia menjadi gagal dalam pesan yang sudah di derimanya, itu tidak terlaksana karna ketidak taatannya atas pesan yang diterimanya itu dari Samuel. 

Efek: Yang menjadi efeknya adalah terjadi sendiri atau dialami sendiri oleh Raja Saul, ia gagal menjadi Raja Atas bangsa Israel
Upan balik: Bahwa Raja Saul memang Ia harus alami dalam kepemimpinannya karena ketidak taatannya kepada Samuel atau atas pesan Samuel. 

Lingkungan: Lingkungan pada saat itu adalah bangsang Israel dalam tekanan oleh musuh-musuh Raja Saul.

Allah dengan Samuel kepada Saul, bagaimana Samuel yang mengurapi Saul sebagai Raja atas bangsa Israel atas kehendak bangsa Israel mereka menghendaki seorang Raja atas mereka untuk memimpin mereka dan melawan musuh mereka juga

ALLAH DAN MUSA
Sumber: Allah memilih Musa, Musa adalah orang yang dipilih Tuhan dan dipakai Tuhan, dan juga seorang pemimpin bagi bangsa Israel yaitu ia dipakai Tuhan untuk membawa bangsa Israel ketanah perjanjian. 

Pesan: Allah berpesan atau berfirman kepada Musa untuk menuntun bangsa Israel dari mesir atau dari tempat perbudakan menuju tempat perjanjian yang dijanjikan Allah kepada mereka. 

Media: Pada saat itu Allah memperliatkan melalui api atau suara Allah langsung kepda Musa atau Dia berbicara kepada Musa di semak yang terbakar. 

Penerima: Musa  menerima mandat, sebelumnya harus melewati berbagai macam rintangan sebelum akhirnya benar-benar menerima mandat sebagai orang yang diutus oleh Allah untuk membebaskan bangsa Israel, misalnya: hampir dibunuh ketika ia masih bayi, dikejar-kejar oleh Firaun, sampai harus menjalani hidup sebagai gembala di tanah Midian selama 40 tahun. Itu semua diijinkan Tuhan untuk membentuk karakternya 

Efek: Setelah Musa menerima mandat dari Tuhan, ia telah di proses sehinga Ia menjadi pemimpin yang handal yang mampu memimpi dengan baik dan mengambil keputusan dengan baik 

Upan Balik: dengan pengetahuan yang Ia dapat dari diri kepemimpinannya, Ia mampu mempersiapkan Yosua sebagai ganti dari dari kepemimppinannya dan Ia berhasil.
Lingkungan: Lingkungan pada saat itu adalah ia ada ditengah-tengah bangsa Israel yang tegar tengkup tetapi ia sanggup menghadapi itu karena Ia taat kepada Allah.

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "PANGGILAN NABI SAMUEL MENGURAPI RAJA SAUL DAN ALLAH MEMILIH MUSA JADI ABDINYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel