HIDUP ADALAH SEBUAH MISI (LIFE IS A MISSION) MARKUS 16:15-16

A. Pengertian misi
 Kata ”misi” berasal berasal dari kata latin yang artinya adalah ”mengutus” menjadi seorang Kristen berarti diutus ke dunia sebagai wakil Yesus Kristus. Yesus berkata: sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu” Yoh 20:21.
☑ Misi adalah orang-orang yang melakukan tugas dan kewajiban untuk membertikan Injil keselamatan kepada semua oraang yang belum mengenal Kirstus
☑ Misi adalah merupakan suatu tujuan orang percaya untuk mencapai atau menjangkau mereka yang belum mengenal Injil keselamatan
☑ Misi merupakan kelanjutan dari misi Yesus di dunia.

Yesus memanggil kita sebagai orang percaya, bukan hanya untuk datang kepadaNya, melainkan juga untuk pergi bagi Dia. Dalam Amanat Agung, Yesus berkata ”karena itu pergilah jadikan semua bangsa murid-Ku dan babtislah mereka dalam nama Bapa, dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” Mat 28:18-19

Jadi, dengan demikian Tuhan tidak ingin kita hanya datang kepadaNya, melainkan juga kita harus pergi, menjadi saksi-Nya, memberitakan Injil keselamatan.

Salah seorang tokoh Kristen yang terkenal di Indonesia Pdt Dr. Stephen Tong, mengatakan:
Seorang pemberita Injil di pinggir jalan, lebih mulia dari pada seorang meneger yang duduk memperoleh ratusan juta uang. karena Pemberita Injil melakuka kehendah Tuhan, sedangkan meneger hanya melakukan perintah sesama manusia.

B. Mengapa kita harus bermisi? (Why do we have to go on a mission?)

(Reason  the one) Alasan yang pertama:
 
1. (Ay 15) mengatakan ”Pergilah keseluruh dunia beritakanlah Injil kepada segala makhluk”
Kata ”pergilah” dalam bahasa Yunani poreuqe,ntej (poreutentes) dari akar kata πορευομαι (poreuomai). Yang artinya; depart (berangkat), wolk (berjalan)
Dalam bentuk kata; verb participle aorist passive nominative masculine plural (kata kerja pertisipasi yang menunjukkan suatu kejadian yang sekali dilakukan berdampak selamanya)

Jadi kata ”pergilah” disini dapat diartikan ialah;
1. Berjalan memberitakan Injil keselamatan kepada seluruh umat mc yg belum percaya
2. Berangkat memberitakan kabar keselamatan seluruh umat mc yg belum percaya
3. Pergi memberitakan Injil keselamatan seluruh umat mc yg belum percaya
4. Menunjukkan kata kerja yang harus dikerjakan orang percaya untuk mengambil bagian memberitakan Injil keselamatan
Jadi, dengan ini menunjukkan bagi kita tidak ada alsan untuk tidak berjalan, berangkat, dan pergi memberitakan Injil keselamatan bagi semua org yg belum percaya.

• Mengapa kita harus bermisi? (Why do we have to go on a mission?)
(The second reason) Alasan yang kedua:
 
2. (Ay 16) Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Kata ”percaya” dalam bahasa Yunani pisteu,saj (pisteusaz) πιστευω (pisteuo). Artinya; believe (percaya), trust (kepercayaan)
Jadi kata ”percaya” memberikan arti bagi kita adalah;
1. Percaya Yesus sebagai Tuhan akan dibabtis dan diselamatka memperoleh hidup kekal
2. Percaya Yesus sebagai Tuhan yg datang dari surga ke dalam dunia untuk menyelamat semua orang berdosa akan dibabtis dan diselamatkan memperoleh hidup kekal
3. Percaya mengaku dengan mulut bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hati bahwa Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka akan dibabtis dan diselamatkan memperoleh hidup yang kekal  (Rm 10:9)
Tetapi mereka yang tidak percaya mengakui Yesus sebagai Tuhan akan di ”hukum’”

• Jadi, dengan demikian (Why do we have to go on a mission)?
1. Supaya semua orang mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat
2. Supaya semua orang memperoleh pengampunan dosa
3. Supaya mereka yg tidak percaya tidak dihukum selamanya.

• Mengapa kita harus bermisi? (Why do we have to go on a mission)
(The third reason) Alasan yang ketiga
 
3. (Mar 24:47) dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
Arinya adalah:
1. Supaya kita menjadi saksi bagi Kristus dimana pun kita berada
2. Supaya kita memberitakan berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa dimana pun kita berda
3. Supaya kita menjadi seorang yang taat dan setia kepada Tuhan dengan menyatakan kebenar kepada semua orang.

KESIMPULAN
ILUSTRASI
Medtronic adalah salah satu perusahaan teknologi obat-obatan yang berkembang dengan pesat di Amerika Serikat sepanjang tahun 1990-an. Dilihat dari segala ukuran kesuksesan; harga saham, penghasilan yg meningkat, dan pendapatan perusaham, perusahaan tersebut memang berkembang pesat.

Dalam sebuah artikel majalah Work traveler (Penjelajah dunia), pemimpin perusaan Art Collins, mengatakan, dengan sebuah kalimat yg berbunyi: Perusaan mengurangi rasa sakit, memulihkan kesehatan, dan memperpanjang hidup,

Perusaan Medtrocnic lebih dari sekedar bertujuan mencari uang…, saat kita meneliti kembali sejumlah criteria kesuksesan, satu-satunya kesuksesan paling penting bagi kami adalah bahwa setiap 12 detik, hidup seseorang menjadi lebih baik, dipulihkan, disembuhkan, mempunyai harapan baru karna memakai obat-obat dari kami.

Jadi, sbg orpa harus memiliki misi yang serupa. Kita memiliki pesan, Injil, kabar baik, kita memiliki Tuhan Yesus yg mampu mengubah hidup, untuk memperoleh pengampunan dosa, dan untuk memperoleh keselamatan. Inilah yg kita harus nyatakan kepada semua orang. Amin
HIDUP ADALAH SEBUAH MISI (LIFE IS A MISSION)  MARKUS 16:15-16
Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "HIDUP ADALAH SEBUAH MISI (LIFE IS A MISSION) MARKUS 16:15-16"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel