KHOTBAH KRISTEN JANGAN TAKUT DAN JANGAN BIMBANG Yesaya 41:10

KHOTBAH KRISTEN JANGAN TAKUT DAN JANGAN BIMBANG Yesaya 41:10
Kalkun: Tuhan memberi perintah kepada bangsa Israel supaya mereka jangan takut dan jangan bimbang
Kaltan: Mengapa Tuhan memberi perintah kepada bangsa Israel supaya jangan takut dan jangan bimbang?
Kalper: Dalam teks kebenaran firman Tuhan ini paling tidak ada lima poin penting mengapa Tuhan member perintah jangan takut dan janganlah bimbang.

Firman Tuhan mengatakan demikian:
·10 (TB) janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.
·10 (FAYH) Janganlah takut, karena Aku menyertai engkau. Janganlah bimbang, karena Akulah Allahmu. Aku akan menguatkan engkau dan menolong engkau. Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang penuh kemenangan.
·10 (TL) Janganlah takut, karena Akulah sertamu! jangalah engkau bimbang, karena Akulah Allahmu; Aku menguatkan dikau, lagi Aku menolong engkau, lagi Aku memapah engkau dengan tangan kanan kebenaran-Ku.
·10 (TMV) Jangan takut kerana Aku menyertai kamu. Jangan cemas kerana Akulah Allah kamu. Aku akan menguatkan dan menolong kamu; Aku akan melindungi dan menyelamatkan kamu.
·10 (NKJV) Fear not, for I am with you; Be not dismayed, for I am your God. I will strengthen you, Yes, I will help you, I will uphold you with My righteous right hand.’

Alasan pertama I, mengapa Tuhan memberi perintah kepada bangsa Israel jangan takut dan jangan gentar?
1. Karena Aku(Tuhan) menyertai engkau
·  Arti kata menyertai dalam KBBI adalah mengiringi; membarengi: menemani; mengawani; mendampingi

·  Dalam B. Ibrani menyertai adalah םע ‘im; menemani
Jadi, disini kita mengetahui bahwa Allah sendiri yang akan mengiringi; membarengi: menemani; mengawani; mendampingi setiap umat manusia yang bergantung kepadanya. Jadi, orang percaya tidak perlu takut dan kawatir karna Allah sendiri yang mengiringi; membarengi: menemani; mengawani; mendampingi kita dalam setiap hidup kita

Alasan kedua II, mengapa Tuhan memberi perintah kepada bangsa Israel jangan takut dan jangan gentar?
2. Karena Aku ini Allah mu

·  Dalam B. Ibrani Allahmu adalah םיהלא ‘elohiym; Allah
Jadi, disini kita tau bahwa Allah yang kita percayai menjamin kepada setiap kita lepas pribadi supaya kita jangan bimbang karena Dia sendiri mengatakan bahwa Aku ini Allahmu. Jadi, biarlah kita tetap teguh di dalam Tuhan.

Alasan ketiga III, mengapa Tuhan memberi perintah kepada bangsa Israel jangan takut dan jangan gentar?
3. Karena Aku(Tuhan) meneguhkan engkau

Arti kata meneguhkan dalam KBBI adalah; kukuh kuat, memperkuat hati;
Dalam B. Ibrani meneguhkan adalah ץמא ‘amats; kukuh dan kuat
Jadi, kita sebagai orang percaya kita tidak perlu kawatir karna Allah sendiri yang akan mengkukuhkan kita dan memperkuat hati kita dalam setiap problem hidup kita.

Alasan keempat IV, mengapa Tuhan memberi perintah kepada bangsa Israel jangan takut dan jangan gentar?
4. Karena Tuhan akan menolong

· Arti kata menolong dalam KBBI adalah membantu untuk meringankan beban, membantu supaya dapat melakukan sesuatu
· Dalam B. Ibrani menolong adalah רזע ‘azar membantu
Jadi, kita orang-orang pilihan, Allah sendiri yang akan menolong kita, membantu untuk meringankan beban, membantu supaya dapat melakukan sesuatu, jadi kita tidak perlu takut karena kita tidak punya alasan untuk takut dan cemas dalam menghadapi hidup ini.
Alasan kelima V, mengapa Tuhan memberi perintah kepada bangsa Israel jangan takut dan jangan gentar?

5. Karena Tuhan memegang engkau dengan tangan kanan-Nya yang membawa kemenangan
Arti kata memegang dalam KBBI adalah berpaut, berteguh, saling berpegang, menggegam
Dalam B. Ibranu memegang adalah ךמת tamak
Jadi, disini sangat-sangat jelas bagi kita bahwa Allah yang menggegam tangan kita supaya kita dapat melewati setiap persoalan, permasalahan dan pada akhirnya kita mengalahkan itu semua dan kemenangan ada ditangan kita, karena Allah yang menolong dan memegangtangan kita.

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "KHOTBAH KRISTEN JANGAN TAKUT DAN JANGAN BIMBANG Yesaya 41:10 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel