KHOTBAH KRISTEN: MENYAMBUT KEHADIRAN YESUS KRISTUS | KELAHIRAY YESUS KE DUNIA LUKAS 3:1-6 YES 40:3-5

Pada saat Yohanes Pembaptis berbicara kepada orang Yahudi dalam teks ini, mereka dalam keadaan tekanan, mereka dalam situasi yang sulit, mereka dalam keadaan susah, karena kerajaan mereka sudah ditaklukan oleh Kerajaan Romawi.

Ayat  yang pertama: menunjukkan itu tahun yang ke-15 pemerintahan Kaisar Tiberius dan dia ini adalah Kaisar ke-3 dari 12 kaisar, dia memerintah atas orang Israel, dia yang mengendalikan bangsa Yehuda, Israel menjadi bagian dari kerajaan Romawi.

Tiberius seorang yang sangat jahat, serakah, pemabuk, dan kejam.

Menyambut Kehadiran Yesus Kristus?
1. Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. (ayat 4)
Kalimat ini memberikan arti:
➧ Menyambut kehadiran Tuhan, kita harus menyingkirkan segala hal yang mengganggu, menghalangi, mencegah kita untuk tidak siap menyambut kedatangan-Nya.
➧ Masa penantian kehadiran Yesus Kristus ke dunia: kita harus sudah benar-benar membuka diri, membuka hati, siap menyambut-Nya dalam hati kita.
➧ Ini menjadi sukacita dan yang anugerah yang terbesar bagi kita, dimana kita dipindahkan dari hidup yang kelapa kepada terang hidup yang ajaib dalam Yesus Kristus.
➧ Mengharuskan kita untuk mengoreksi hati kita, apakah kita sudah layak menyambut kehadiran-Nya.

Tetapi yang menjadi masalahnya adalah, sebaliknya, bagi mereka yang tidak siap, tidak membuka diri, tidak membuka hati, tidak mau belajar dengan baik,
1. Kehadiran Yesus Kristus, hanya sebagai suatu berita yang besar, yang terdengar di telinga setiap saat, diperingati setiap tahun, tanpa memaknainya.
2. Kehadiran Yesus Kristus, tidak menghadirkan sukacita, tidak menghadirkan syalom, tidak menghadirkan rasa syukur bagi mereka.
3. Kehadiran Yesus Kristus, tidak menjadi momen yang penting, untuk mengalami pertumbuhan iman dan perjumpaan dengan Allah secara pribadi.

Contoh: Sama seperti orang yang sudah memiliki pengharapan yang sangat yaitu pemberian dari orang lain, sebesar Rp 10 juta, tetapi yang diterima hanya Rp 50 ribu.

Bagi orang yang tidak siap, orang yang tidak membuka diri, tidak bersyukur.

Pemberian itu tidak menjadi sukacita baginya
Pemberian itu tidak menjadi rasa syukur baginya
Pemberian itu tidak menjadi sesuatu yang penting baginya.
 
Kesimpulan sementara
Oleh sebab itu kiranya kita sudah membuka diri, membuka hati, siap menyambut kehadiran Yesus Kristus dihati kita, sehingga hal demikian menjadi momen yang penting bagi saya dan saudara sekalian.

Menyambut Kehadiran Yesus Kristus?
2. Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan. (ayat 5)

Ini memberikan arti atau gambaran yang dalam, kata demi kata dari ini (ayat 5);
▪ Setiap Lembah akan ditimbun; diartikan atau digambarkan; sikap kekurangan manusia atau keterbatas manusia yang tidak sesuai dengan standar Tuhan yang harus diperbaiki sedemikian rupa.
▪ Setiap gunung dan bukit akan menjadi rata; diartikan atau digambarkan;sebagai kesombongan dan keangkuhan manusia.
▪ Tanah yang berliku-liku atau berlekuk-lekuk akan diratakan; diartikan atau digambarkan; sikap manusia yang sering menyimpang, menyeleweng, berlawan dari yang seharusnya.

Aplikasi:
Apa yang penting dalam ayat 5:
1. Kehadiran Yesus Kristus, bukan saja hanya menyelesaikan dosa, tetapi memperbaharui setiap jiwa manusia yang telah rusak oleh karena kesombongan, keangkuhan, dan dosa manusia yang sudah tersebar ke seluruh muka bumi.
2. Kehadiran Yesus Kristus, menjadi kesempatan bagi saya dan bagi kita semua untuk kembali kepada Allah, sehingga kita diperbaharui dari semua sikap kita yang tidak memuliakan Allah.
3. Sebaliknya bagi mereka yang berkeras hati, ayat 5 ini akan memantul bagi mereka, ayat ini tidak bermanfaat bagi mereka. “lembah tidak akan timbun bagi mereka, gunung dan bukit tidak diratakan bagi mereka, dan tanah yang berliku-liku juga tidak diratakan”

Oleh sebab itu, kiranya Allah yang penuh kasih akan menganugerahkan kepada kita, hati yang mau diubahkan, oleh karena pengenalan kita akan firman.

Menyambut Kehadiran Yesus Kristus?
3. Semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan." (ayat 6)
Ayat ini memberikan arti yang sangat penting secara universal:
➧ Keselamatan itu yang dikerjakan oleh Yesus bukan hanya berlaku kepada orang orang Yahudi, tetapi juga kepada orang bukan Yahudi secara menyeluruh.
➧ Keselamatan itu yang dikerjakan oleh Yesus, akan ditawarkan kepada semua suku, bahasa, ras, dan apa pun agama kepercayaannya.
➧ Keselamatan itu yang dikerjakan oleh Yesus, semua orang akan mendengar dan melihatnya.

Aplikasi:
Apa penting nya keselamatan itu yang ditawarkan kepada saya, kepada kita, dan kepada semua orang?
1. Keselamatan artinya adalah: pemulihan hati yang sudah dikuasai oleh dosa.
2. Keselamatan artinya adalah: pemulihan jiwa yang sudah hancur-lebur oleh karena dosa.
3. Keselamatan artinya adalah: pemulihan hubungan kita dengan Allah yang sudah rusak oleh karena dosa-dosa kita.
4. Keselamatan artinya adalah: kita diangkat dari kehidupan kegelapan oleh karena dosa menuju terang-Nya yang dicurahkan kepada kita.
5. Keselamatan artinya adalah: ditransformasikan dari yang rusak menjadi baru di dalam Allah.
6. Keselamatan artinya adalah: Tuhan anugerahkan kita kehidupan yang kekal, kapan kita akan kembali lagi kepada-Nya.

Ilustrasi:
Di kota Missouri, Amerika serikat, tepatnya di West Arch/ “Lekungan Barat” St. Louis, berdiri sebuah tugu peringatan terbesar di dunia, dimana tugu ini menjadi peringatan besar –besaran perpindahan kebarat waktu itu.

Tugu ini berupa lekungan busur, tinggi 192 meter, dan lebar gerbangnya 192 meter, terbuat dari besi anti karat.

Artinya: Kehadiran Yesus Kristus, menjadi sebuah tugu pengingat bagi saya dan bagi kita semua, dimana Allah begitu mengasihi manusia berdosa.

Mesti kita ingat bahwa: Allah sangat benci terhadap dosa, tetapi Allah mengasihi manusia berdosa.

Tuhan akan menolong dan memampukan kita untuk merebut tawar keselamatan itu yang dicurahkan untuk saya dan bagi kita semuanya.

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "KHOTBAH KRISTEN: MENYAMBUT KEHADIRAN YESUS KRISTUS | KELAHIRAY YESUS KE DUNIA LUKAS 3:1-6 YES 40:3-5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel