PENGERTIAN DAN ARTI IBADAH KRISTEN

James F. White
PENGANTAR IBADAH KRISTEN

Apa Arti Ibadah Kristen
Dari buku ini menyampaikan bahwa ibadah Kristen merupakan suatu tipe kegiatan yang berbeda dari kegiatan-kegiatan yang dianggab penting karena sering dilakukan kembali, mengapa? Ibadah merupakan suatu yang berbeda dari pekerjaan-pekerjaan sehari-hari atau dari kegiatan yang bersifat kebiasaan lainnya, lebih spesifik bagaimana ibadah itu berbeda dari kegiatan-kegiatan yang diulang-ulang lainnya dalam komunikasi Kristen itu sendiri.

Dalam buku ini, menurut kata Hoon, Mengatakan bahwa “Inti Ibadah” adalah  Allah sedang bertindak untuk memberikan hidup-Nya bagi manusia dan membawa manusia mengambil bagian dalam kehidupan-Nya itu. Kehidupan Kristen adalah kehidupan liturgis. Dan juga Hoom sendri juga mengatakan bahwa Ibadah Kristen adalah penyataan diri Allah sendiri dalam Yesus Kristus dan tanggapan manusia terhadap-Nya. Suatu tindakan ganda yaitu tindakan Allah kepada jiwa manusia dalam Yesus Kristus dan dalam tindakan tanggapan manusia melalui Yesus Kristus.

Dalam arti ibadah Kristen ini juga mengatakan bahwa ibadah memberikan ringkasan yang menyegarkan tentang apa yang telah dilakukan Allah dan tentang anti sipasi yang kembali diperbabarui dari apa yang masih akan terjadi. Dan arti ibadah juga Greja mendapatkan identitas dirinya dalam ibadah karena hakikatnya yang riil dijadikan nyata dan Gereja dituntun untuk mengakui keberadaannya sendiri yang sebenarnya.

Baca Juga: Allah Menikapi DiriNya Kepada Bangsa Israel

Tetapi dunia, juga secara mendalam dipengaruhi ibadah Kristen, ibadah adalah secara serentakan aman akan penghakiman dan janji pengharapan untuk dunia itu sendiri meskinpun masyarkat sekuler mempunyai sikap tidak peduli terhadap apa yang dilakukan oleh orang-orang Kristen manakala mereka berkumpul bersama. Dan ini juga ibadah Kristen itu adalah kecenderungan untuk menjelaskan ibadah Kristen sebagai perayaan misteri paskah, atau popularitas dan ini juga mengatakan bahwa, banyak ditemukan oleh tulisan dari Dom Odo Casel yaitu “Misteri Paskah” adalah Kristus yang bangkit hadir dan aktif dalam ibadah kita. Misteri dalam arti disini menyatakan bahwa penyingkapan diri Allah yang melampaui pengertian manusia pewahyuan yang serentak tersembunyi. Dan paskah ini adalah tindakan  penebusan Kristus yang sentral dalam kehidupan pelayanan, penderitaan, kematian dan kebangkitan dan kenaikan-Nya. Kita bisa berbicara tetang pasca hal mistery.

Dalam ibadah Kristen ternyata dikomposisikan atas dua macam kegiatan peribadahan:  yaitu ordinary dan propers, unsur-unsur ordinary adalah bagian-bagian yang tetap; adalah tatap dasar ibadah seperti Doa Bapa Kami, persembahan, pengakuan iman rasuli dan puji-pujian sedangkan propers ini sebagai atau unsur-unsur  yang berubah secara harian atau mingguan. Kita membaca nubuat-nubuat yang berbada-beda, menyanyikan berbagai lagu pujian, menaikan macam-macam doa dan harapan dan juga mendengar khotbah.

Dalam ibadah disini juga mengatakan bahwa spotanitas berarti penggunaan karunia-karunia orang yang berbeda-beda demi manfaat seluruh jemaat yang berkumpul, kata Paulus dalam ibadah spontan berhubungan langsung dngan pasal tentang kasih (1 Kor.13) dan bertujuan untuk satu makna membangun jemaat. Dan ternyata dalam arti ibadah dengan sipontan disini menyatakan bahwa Ibadah Kristiani awal rasanya telah mengundang spotanitas. Sebagian besar dari Ibadah ini tampaknya telah menyatakan hilang pada ahkir abad 4 baru muncul kembali dalam beberapa tradisi reformasi. Ibadah pentakosta pada abad ke 20 telah menekankan kemungkinan-kemungkinan indah spontan yang tak terduga.

Ibadah disini menyatakan dalam arti ibadah buku ini mengatakan, sebenarnya semua ibadah menggunakan Alkitab, yang pada dirinya mencangkup banyak bagian yang tertulis untuk maksud peribadahan. Dalam bagian ini membahas tentang pemakaian waktu dalam beribadah hari minggu yaitu sebagai mana hari minggu dan hari memberikan kesaksian tentang Yesus Kristus, demikian pula tahun Kristen, atau menjadi struktur untuk mengenang Tuhan.
Ini juga yang paling penting dalam arti ibadah kekristenan adalah selama abad 4 kebersatuan hari paskah kuno, yang memperingati semuaperistiwa hari-hari terahkir Yesus, termasuk penyaliban dan kebangkitan, dipisahkan dalam peringatan-peringatan yang berbeda.

Dalam ibadah Kristiani juga ada bagian-bagian fungsi-fungsi ruang liturgis, dalam bagian ini adalah Penulis melaporkan, cara lain untuk mengatakan hal yang sama adalah bahwa dalam ibadah,  kita berbicara bagi Allah, berbicara kepada Allah, dan berbicara kepada orang lain, sama juga halnya mengulurkan tangan  untuk menjamah orang-orang lain dalam nama Allah. Dengan ini marilah kita mulai dari sekarang dengan menyatakan bahwa dalam ibadah, Allah bertindak dalam pemberian diri-Nya melalui kata-kata manusia, dan juga disini Penulis melaporkan atau memperjelas bahwa ibadah Kristen  adalah tindakan yang memerlukan ruang. 

Dan yang menarik adalah bagaimana Allah bertindak  dalam memberi diri-nya melalui kata-kata, Allah mengucapkan kata-kata Allah kepada kita melalui mulut-mulut manusia. Itu tampaknya merupakan cara aneh  untuk menjangkau manusia, hal ini memperlihatkan kepercayaan lebih besar dari kita manusia. Dalam ibadah juga pemberian diri juga terjadi ketika berbicara kepada orang-orang yang berkumpul sepanjang sumbu horinzotal dari pembicara kepda pendengar. Ini juga yang terlibat dalam ibadah kristen maka perencanaan ruang ibadah akan benar-benar menjadi sederhana.

Sejarah arsitektur liturgis adalah pandangan tentang bagaimana orang-orang Kristen dan disini juga Penulis melaporkan Gereja perdana harus  beribadah  dirumah-rumah tinggal yang berganti-ganti selama periode-periode penindasan, semantara itu kita mengetahui bahwa bangunan-bangunan menganggumkan kadang-kadang.

 Baca Juga: Pandangan Iman Kristen Tentang Hukum Taurat

Ruang liturgi ibadah Kristen dan juga banyak hal tentang ibadah, namun satu hal yang paling mudah dan secara tragis paling diabaikan adalah bagaimana ruang itu mempengaruhi suara. Ibadah melibatkan serangkaian ibadah bagaimana umat berinteraksi ketika mereka berkumpul. Dalam ibadah kristen juga  salah satunya juga paling penting yaitu musik membantu ibadah adalah bahwa musik merupakan medium yang labih ekspresif ketimbang ucapan biasa. Musik memungkinkan kita mengekspresikan intensitas perasaan melalui kapelbagian dalam kecepatan, pola titik nada, keras lembut, melodi dan ritme. 

Dalam ibadah juga musik fungsinya adalah mempersembahkan sesuatu yang kita anggap indah, tidak peduli betapa tidak lengkapnya peralatan musik kita sendiri. Musik gereja bersifat esensial dalam menambah dimensi-dimensi lebih jauh dalam terhadaap perasaan dan keindahan keibadah kita. Musik dalam Gereja atau ibadah Kristen  agak bervariasi sesuai intrumen atau kombinasi instrumen-instrumen yang digunakan. Dalam ibadah Kristen juga dibedakan antara kesenian religius secara umum dan kesenian liturgis atau liturgicalart, kesenian bukanlah Kristen sedang dibicarakan, secara singkat dapat dikatakan kesenian liturgi adalah kesenian yang digunakan dalam ibadah.

Kesenian religius adalah kategori yang jauh lebih luas dan juga beberapa definisi yang mencangkup juga ilustrasi-ilustrasi dalam literatur liturgi ibadah Kristen. Dalam liturgi juga Penulis melaporkan bahwa kesenian liturgi yang benar-benar memadai mempunyai potensi luarbiasa karena kekuatan liturginya, ini juga adalah kekuatan untuk menembus ke bawah apa yang nyata dengan jelas dan untuk menyampaikan perkara ilahi. Ibadah sakremental dikenal secara khusus melalui penggunaan tindakan berupa tanda yaitu tindakan-tindakan yang menyampaikan makna, dan juga sakremen-sakramen adalah tipe tanda yang melibatkan tindakan tindakan, kata-kata dan juga objek-objek yang bersangkutan tanda. 

Ibadah adalah juga benar untuk cara-cara manusia saling berkomunikasi, juga ciuman mengerjakan apa yang tidak dapat dilakukan kata-kata, kata-kata menyingkapkan makna ciuman. Disini juga menjelaskan pendahulu ini siasi yang paling mencolok dalam agama Yahudi adalah penyunatan, tindakan berupa tanda yang menepatkan kaum laki-laki dalam hubungan perjanjian antra Israel dan Allah. Perjalanan melalui kehidupan ini, bagi semua orang kristen, melibatkan pelanggaran-pelanggaran melawan apa yang kita kenal sebagai kehendak Allah. Dan juga rokonsiliasi sering dilihat sebagai obat bagi jiwa yang sakit. Bagi orang percaya atau Kristen tidak ada peralihan yang murni pribadi, tetapi lebih merupakan pusat perhatian yang di dalam keseluruhan komunitas Kristen ikut berbagi kasih sebagai tanda respon ibadah Kristen.  

Kesimpulan 

Jadi Kristen adalah tidak ada seorang pun dilahirkan sebagai seorang Kristen. Seseorang menjadi Kristen melalui tidakan menjadi bagian komunitas dengan cara hidup khas yang melibatkan komitmen-komitmen etis dan kredo yang pasti. Perubahan keberadaan umat percaya ditandai dengan sakramen, yang memproklamasikan apa yang sedang dilakukan Allah untuk membawa umatnya kepada iman. God bless.

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "PENGERTIAN DAN ARTI IBADAH KRISTEN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel