PEMAKAMAN KRISTEN

BAB I
PENDAHULUAN
TENTANG PEMAKAMAN KRISTEN

Pemakaman Kristen dipraktikan untuk menghibur orang-orang berduka dan mempercayakan orang mati kepada Allah. Hal ini tampaknya mungkin bukan merupakan satu pokok yang penuh sorak-sorai yang dengannya kita mengahiri penelitian kita mengenai ibadah Kristen.

Namun, praktik ini benar-benar meperlihatkan bahwa seluruh kehidupan orang Kristen juga melibatkan pujian kepada Allah mulai dari baptisan sampai penguburan. Penyelenggaraan upacara kematian Kristen mempunyai banyak hal untuk dituturkan kepada kita tentang kehidupan Kristen.

Secara historis, sikap-sikap mengenai pemakaman Kristen, disini tampaknya telah berkembang melalui tiga tahapan yang sangat berbeda: pengharapan, kekuatan dan penolakan berpikir tentangnya. Hal ini tiganya tercermin dalam ritus-ritus itu sendiri dalam berbagai cara, beberapa tidak terlalu nyata juga dalam cara-caranya dalam melaksanakan.
Jadi, pemakaman Kristen atau kemtian orang percaya juga disini  bahwa pengharapan dalam kebangkitan, tetapi ada juga yang menganggab bahwa pemakaman itu ada yang berimajinasi tentang neraka masuk dalam penyucian.

Disini Penulis sedikit menerapkan arti ibadah atau pengertian Ibadah itu sendiri, ibadah adalah bagian penting dari hidup keagamaan seseorang. Tidak pernah terjadi dalam dua dekade yang lalu, dimana ibadah menjadi hangat dibicarakan dalam Kekristenan seperti saat ini. Ibadah juga adalah untuk merasa dalam hati dan mengekspresikan dalam beberapa cara yang tepat dengan merendahkan diri, tetapi menyenangkan tentang keajaiban disertai rasa kagum dan dengan cinta yang kuat dihadapan Allah yang Mulia.

BAB II
LITURGI PEMAKAMAN

A. PEMBUKAAN
Pembukaan disini adalah diawali dengan kata kata yang bertugas (Liturgos)
Liturgos (P): Sidang perkabungan yang dikasih Allah Tuhan Yesus, marilah kita awali ibadah kita pada saat ini ialah pemakaman, dengan mengawali lagu pujian kita kepada Tuhan yang Mahakuasa (Lagu Pujian……………..)
Jadi disini adalah dalam ibadah pemakaman diawali degan menaikan lagu pujian Kepada Tuhan, yang relevan dengan sesuia setuasi yang terjadi seperti lagu demikian dibawah ini untuk mengawali pujian dalam Ibadah pemakaman:

PUJIAN
Kj 438

APAPUN JUGA MENIMPAMU
Apapun juga menimpamu,
Tuhan menjagamu.

Reff
Naungan kasihNya pelindungmu,
Tuhan menjagamu.

2.Bila menanggung beban berat,
Tuhan menjagamu.

Reff
Masa depanmu kelam pekat?
Tuhan menjagamu.

3.DipeliharaNya hidupmu;
Tuhan menjagamu

Reff
dan didengarkanNya doamu;
Tuhan menjagamu.

4.Cobaan apa mengganggumu?
Tuhan menjagamu.
Buatlah Yesus sandaranmu;
Dia menjagamu.
Reff
 
Jadi inilah salah satu contoh dalam pujian pembukaan Ibadah dalam pemakaman, saat dimulai atau diawali.

DOA BAPA KAMI
Doa Bapa kami disini menjelaskan, bagaimana berdoa kepada Bapa, dan mengajarkan kita doa atau memberi kita  bahan-bahan yang perlu dalam suatu doa. Disini juga Penulis sedikit memaparkan arti dari kata-kata doa bapa kami. Bagaimana Tuhan Yesus sendiri mengajarkan kepada murid-muridnya atau termasuk kita pada saat ini bagaimana setiap doa seharusnya kita mengucapkan doa bapa kami seperti yang diajarkan oleh Tuhan Yesus.
 
B. PEMBACAAN/PENYAMPAIAN FIRMAN PENGHAARAPAN

Jadi, disini adalah petugas pemakaman, membacakan firman Tuhan atau menjelaskan secara singkat bagaimana ungkapan pengharapan Iman Kristen tentang orang-orang yang mati di dalam Tuhan Yesus, bahwa mereka akan diselamatkan dari maut, tetapi mereka bersama-sama dengan Tuhan Yesus disurga (Yoh 14: 6).
Bahwa mereka yang dipanggil kembali itu adalah mereka hanya mengalami kematian jasminia tetapi yang sesungguhnya adalah hidup selama-lamanya itu bersama-sama dengan Tuhan Yesus. Karna mereka dipanggil atau telah menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya.

Lagu Pujian
Lagu pujian disini adalah maksudnya mendukung firman  Tuhan di atas, bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita ketika kita ada selalu bersama Dia sampai selama-lamanya. Walaupun ketika kita meninggalkan Dunia ini Ia selalu bersama-sama dengan kita, asalkan kita setia kepadaNya.

C. BERKAT
Berkat disini adalah yang dipimpin oleh langsung petugas pemakaman, dengan mengatakan dalam berkatnya adalah “ Pulanglah dalam damai sejahtra dari Allah kita Yesus Kristus serta percayalah akan janjiNya, bahwa Ia selalu menyertai Engkau selama-lamanya”(Roma 15: 33)
 
Lagu pujian
PROSES PENYELESAIAN IBADAH
Mempersiapkan petugas makam menutup liang kubur
Jadi disini Penulis menjelaskan bahwa mempersilahkan petugas yang sudah disiapakan untuk menutup kuburan sampai selesai, tugas mereka dengan menutup kuburan.
 
Mempersiapkan keluarga besar menabur kembang
Ini adalah kesempatan terakhir kepada keluarga besar menabur kebang sebagaimana rasa cinta kasih diantara mereka yang telah terjalin selama mereka bersama-sama, sebelum ia dipanggil oleh Tuhan kita yang Maha Kuasa.
Seluruh orang terdekat family keluarga menghanturkan terimakasih atas kebaikannya yang pernah Ia lakukan pada masa hidupnya.
Dengan demikian kepada seluruh warga orang dekat maupun jauh, untuk menghanturkan terimakasih selama mereka mengenal sosok pribadi yang pernah mereka kenal, jadi ini sebagai terakhir bagi mereka untuk menucapkan terimakasih atau rasa syukur mereka bahwa mereka sangat termotifasi atau hal-hal lain yang mau mereka sampaikan.

BAB III
KESIMPULAN

Jadi, Penulis menyimpulkan, Pemakaman merupakan prosesi penguburan manusia yang sudah meninggal dunia mulai dari persiapannya hingga akhir proses penguburannya di area pemakaman.

Naman pada intinya ketika kita membuat kesmpulan dari adanya pemakaman semuanya mengarah tentang adanya kehidupan setelah kematian dari menunggalnya manusia tersebut.
Manusia tidaklah hidup kekal di alam dunia, namun setelah mengalami kematian manusia akan pergi ke surga jika dia selama hidupnya bersama dengan Tuhan Yesus. Dan juga jika tidak akan mempertanggungjawabkan segala perbuatannya selama di dunia. Jadi pemakaman adalah suatu proses penguburan atau pemakaman orang yang telah meninggal. 

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "PEMAKAMAN KRISTEN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel