REVIEW BUKU TEOLOGI PERJANJIAN BARU DONALD GUTHRIE

TEOLOGI PERJANJIAN BARU
Donald Guthrie

Dalam tulisan ini penulis akan meng review beberapa bagian dalam buku Donald Guthrie sebagai berikut:
* Pengudusan
Mengemukakan pekerjaan Roh dalam hal pengudusan dan juga Rasul Paulus mengingatkan bahwa “Allah dari mulanya telah memilih mereka untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu” menguduskan adalah salah satu fungsi Roh yang utama, seperti yang di perlihatkan I Korintus 6:11
* Pengakatan
Dalam bagian ini pengakatan menjadi anak huiothesia digunakan bagi hubungan baru yang telah dimasuki orang-rang percaya kata yang sama digunakan oleh Rasul Paulus dalam Roma 8:20 yaitu menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita.
* Pengertian (iluminasi)
Bagi kita sebagai orang percaya tidaklah mengherankan bila Ia juga giat menyampaikan pemahaman ungkapan diajarkan oleh Roh yang bisa kita lihat dalam I Korintus 2:13 dan juga Roh menerangkan apa yang dikaruniakan Allah, I Koritus 2:12 mereka yang telah menerima Roh memiliki kemampuan memahami yang sebelumnya tidak miliki.
* Pembebasan
Pembebasan itu adalah telah datang melalui Roh buka melalui usaha sendiri Tuhan Yesus Kristus telah memerdekakan kita pembebasan ini dilihat dalam bentuk keinginan daging Galatia 5:16 Roh yang bergiat untuk mematahkan kungkungan yang telah dipikul sejak sebelum bertobat
* Bimbingan
Rasul Paulus menyadari bahwa bimbingan Roh sangat diperlukan Yohanes 16:13 semua orang yang disebut anak-anak Allah adalah dipimpin oleh Roh Allah Roma 8:14, Roh dalam mengingatkan dimana memberlakukan ajaran Tuhan Yesus. Pemberian karunia-karunia Roh yang berdaulat , dan juga Rasul Paulus berkata bahwa secara ringkas dalam I Korintus 12:11 semua ini karunia dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus yang mengaku Tuhan Yesus sebagai Tuhan.

Mengemukakan pekerjaan Roh dalam hal pengudusan dan juga Rasul Paulus mengingatkan bahwa “Allah dari mulanya telah memilih mereka untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu” menguduskan adalah salah satu fungsi Roh yang utama, seperti yang di perlihatkan I Korintus 6:11

* Bagian-bagian lain dari dari perjanjian baru 

- Ibrani
Informasi yang disebutkan oleh surat ibrani adalah Roh Kudus memang lebih sedikit namun ada beberapa pernyataan yang paling penting adalah orang-orang percaya mengambil bagian dalam Roh Kudus Ibrani 6:4 dan juga “mereka yang menginjak-injak anak Allah menghina Roh kasih karunia Ibrani 10:29”
 

- Kitab Wahyu
Yaitu mengatakan bahwa iman kepada tujuh Roh Allah Wahyu 1:4; 3:1; 4:5; 5:6 Yohanes berbicara lain berbicara tentang Roh dalam bentu tunggal, karena itu tidak mungkin berpikir bahwa tentang kemajemukan Roh. Mengingat seringnya penggunaan angka tujuh dalam wahyu, maka cukup beralasan untuk menduga bahwa ungkapan itu menekankan kesempurnaan Roh.
Pekerjaan Roh pada hakikatnya terkait dengan masa yang akan datang, dan pekerjaan-Nya dalam jaman ini merupakan persiapan saja. Dan juga pandangan ini adalah berdasarkan tekanan atas masa yang akan datang yang tersirat dalam ungkapan sebagai yang berikut “buah sulung” “yang sulung” “yang pertama bangkit” yang juga terdapat I Korintus15:20,23; Kolose 1:18.
Rasusl Paulus juga mengatakan atau menyadari bahwa apa yang telah dimulai Roh pasti akan digenap-Nya. Lebih dari itu, pekerjaan Roh pada masa kini tidak dapat dinilai dengan sepatutnya kecuali berdasarkan penggenapan.

· Pertobatan
Dalam memperkenalkan misi Tuhan Yesus, Yohanes menyerukan kepada orang banyak agar “bertobat” dan seruan ini diulangin oleh Tuhan Yesus pada permulaan pelayanan-Nya Markus 1:14. Ia menantang orang banyak untuk menghasilkan buah yang sesuai dengan pertobtan Markus 3:8. Dan juga dalam cerita ini tetang orang kaya dan Lajarus yang miskin ditolak pandangan bahwa manusia akan bertobat sekiranya seseorang dari antara orang  mati datang meyakinkan dia, Lukas 16:30 dan juga cerita ini sangat penting untuk melihat hubungan antara pertobatan dengan kehidupan masa depan.
“Iman” yang khas Kristen, yaitu dengan pengertian menyerahkan diri kepada Kristus

· Pengampunan
Tuhan Yesus sendiri Ia sebagai Anak Manusia mempunyai hak untuk mengampuni dosa, walaupun Dia dianggab orang Yahudi hanya sebagai hak Allah Markus 2:10. Tidaklah mengherankan bahwa kleim-Nya segera ditentang.  Tuhan Yesus juga menekankan hubungan antara pengampunan Allah bagi kita dan pengampunan kita bagi orang lain.

· Iman

Iman adalah sarana yang olehnya orang diterima kedalam suatu persekutuan baru, yang terlihat sebagai satu keluarga. Imanlah yang menjamin kehidupan kekal (Yohanes 3:16) dan ketiadaan imanalah yang membawa kepada penghukuman

· Anugrah Allah
Memang pengampuna merupakan suatu karya anugerah, tetapi peran apa yang dimainkan anugerah dalam hal pertobatan dan iman. Iman sendiripun sebagai pemberian Allah. Pesan yang tidak mungkin keliru dari nats tersebut kepastian perlindungan Allah pada umat-Nya sendiri.

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "REVIEW BUKU TEOLOGI PERJANJIAN BARU DONALD GUTHRIE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel