SOLA GRATIA KESELAMATAN HANYA OLEH ANUGERAH

SOLA GRATIA

· Hanya oleh anugerah kita diselamatkan
Kepastian keselamatan merupakan suatu topik pembahasan yang sangat fundamental atau mendasar bagi orang Kristen selama berabad-abad. Topik ini juga merupakan salah satu topik yang selalu diperdebatkan sepanjang sejarah gereja.

· Kebutuhan akan anugrah Allah
Daalam hal ini Alkitab mengajarkan bahwa dosa telah merusak kehidupan manusia (Rm 3:23; 5:12, 14). Perstiwa tersebut ditandai dengan kejatuhan Adam yang kemudian menghasilkan suatu kondisi yang mnegerikan bagi dirinya maupun bagi keturunannya. Esensi (hakikat) dosa yang dilakukan Adam terletak atas kenyataan bahwa Adam membahwa dirinya dalam keadaan yang bertentangan dengan Allah, dan menolak membiarkan Allah menentukan seluruh jalan hidupnya.
Dalam buku Matheus Mangentang menjelaskan yaitu melalui Louis Berkhof menggambaarkan beberapa akibat dari dosa yang dilakuan Adam yaitu

1. Mengakibatkan kerusakan total dari natur manusia. Dosa tersebut segera merambat ke seluruh manusia dan seluruh naturnya tidak ada yang tidak tersentuh dosa. Seluruh tubuh dan jiwanya telah tercemar oleeh dosa.

2. Hilangnya persekutuan dengan Allah melalui Roh Kudus, yang mengakibatkan manusia mengalami suatu keaadaan  kematian rohani.

3. Bukan hanya menyebabkan kemematian rohani, tetapi juga kematian jasmani. Setelah berdosa makan manusia harus kembali kepada debu diamana ia diambil (Kej 3:19)

4. Akibat langsung dari dosa tersebut adalah timbulnya kesadaran dalam diri manusia akan kekotorannya, yang terungkap dengan rasa malu dan menutupi ketelanjangannya, dan manusia tersebut diusir dari Taman Eden yang menjadi lambang dari persekutuan yang dekat dengan Allah dan merupakan lambang dari hidup dan berkat yang disediakan Allah bagi manusia.

Itulah sebabnya Reymond menyatakan bahwa satu-satunya yang dapat menolong manusia terlepas dari kondisi di atas adalah melalui karya Roh Kudus yang mengimputasikan (memperhitungkan/menerapkan) penebusan Kristus bagi mereka yang percaya kepadaNya. Pendapat senada juga diungkapkan  Alister McGrath bahwa penebusan Kristus membahwa pemulihan bagi manusia yang berdosa.

Jadi untuk memperoleh keselamatan orang berdosa bergantung sepenuhnya atas karya Allah di dalam Kristus. Singkatnya, manusia sangat membutuhkan anugerah Allah baginya. Tanpa anugerah Allah, kita tidak dapat menyelamatkan diri kita sendiri. 

Kepastian keselamatan merupakan suatu topik pembahasan yang sangat fundamental atau mendasar bagi orang Kristen selama berabad-abad. Topik ini juga merupakan salah satu topik yang selalu diperdebatkan sepanjang sejarah gereja
Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "SOLA GRATIA KESELAMATAN HANYA OLEH ANUGERAH "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel