YESUS TERANG DUNIA

 PENDAHULUAN
Puji syukur pada kesempatan ini saya panjatkan kepada Tuhan yang maha Esa atas pertolongan-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas tulisan ini dengan baik dan tepat pada waktunya.  Adapun judul yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah “YESUS TERANG DUNIA”. Kedatangan Yesus ke dalam dunia dengan tujuan untuk menebus dosa-dosa manusia karena manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri akhinya Allah mengutus Anak-Nya yaitu Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia seperti yang dijelaskan dalam Yohanes 3:16 “karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. 
 
Kedatangan Yesus di dunia bukan hanya menebus dosa manusia tetapi Ia juga membawa terang agar setiap orang yang percaya kepada-Nya menjadi terang bagi semua orang.  
 
Terang yang dibawa oleh Yesus ke dalam dunia bukan terang seperti cahaya lampu tetapi kedatangan-Nya di dunia ini memberikan pengaruh atau dampak yang baik bagi semua orang jadi tujuan Yesus datang di dunia yaitu membawa damai sejahterah bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya. 
Kedatangan Yesus ke dalam dunia dengan tujuan untuk menebus dosa-dosa manusia karena manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri akhinya Allah mengutus Anak-Nya yaitu Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia seperti yang dijelaskan dalam Yohanes 3:16
ISI
YESUS TERANG DUNIA

A. LATAR BELAKANG
Dalam Yohanes 8:12 mengatakan “maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya Akulah terang dunia barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang.”  Dalam konteks ini Yesus mengutarakan tuntutan-Nya sendiri dalam bentuk pertanyaan “Aku terang dunia” kata terang disini adalah berhubungan dengan hidup dan dalam dunia rohani sama halnya dengan dunia alami artinya hidup tidak dapat berkembang dalam kegelapan.  Terang dunia ada hubungannya dimana Firman Tuhan disebut sebagai terang dan tidak akan berjalan dalam kegelapan. Gambarannya ialah tentang ruas jalan yang diselubungi oleh kegelapan dan melalui jalan itu orang berjalan dibelakang lampu yang terang yang menyisihkan kegelapan sementara lampu bergerak maju didepan.  Dan setiap orang yang tidak mengikutinya akan tersesat.  Dengan demikian setiap orang yang mengikut  Yesus tidak akan tersesat karena Dia adalah terang dunia.

B. DEFENISI DAN ISTILAH TERANG DUNIA
Dalam kamus besar bahasa Indonesia kata terang diartikan sebagai yang menyebabkan segala sesuatu dapat kelihatan seperti cahaya sinar, cerah tidak gelap, tidak kelam, tidak suram, tidak muram, dan tidak redup.  Dalam Alkitab kata terang diartikan suatu simbol yang sangat kuat untuk kebaikan dan kebenaran yang disebut pada awal (Kej. 1:3) dan akhir (Why. 22:5).  Dalam Injil Yohanes menggambarkan bahwa Kristus sebagai terang dunia (Yoh. 8:12) yang diutus oleh Allah, sementara Allah sendiri adalah terang (1Yoh.1:5) dan mereka yang telah diutus oleh Kristus menjadi terang.
 
Terang juga dipakai berkaitan dengan sukacita beroleh berkat hidup  (Kej. 1:3; Ayb. 10:22; 18:5), dan juga dipakai untuk  menandakan kehadiran dan kasih Allah (Mzm. 27:1; Yes. 9:2; 2Kor. 4:6).  Dalam Injil Yohanes istilah terang tidak begitu mengacu kepada kekudusan Allah tetapi lebih mengarah kepada penyataan kasih-Nya didalam Kristus dan penerobosan kasih itu kepada hidup yang digelapkan oleh dosa dan demikianlah Kristus menujuk kepada diri-Nya sebagai terang dunia (Yoh. 8:12; 9:5; 12:46) dan juga ketika Ia khotbah dibukit menerapkan istilah ini kepada murid-murid-Nya (Mat. 5:14-16).  Demikianlah juga Paulus menujuk kepada cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus dan kepada Allah sendiri yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita (2Kor. 4:4-5).
 
Jadi pengertian terang yang dimaksud disini adalah terang kehidupan. Dalam bahasa Yunani terang kehidupan memiliki dua pengertian yaitu dapat berarti atau terang yang terpancar dari sumber kehidupan atau terang yang memberi kehidupan. Dalam bagian ini dapat diartikan bahwa Yesus adalah terang Allah yang telah turun diantara manusia dan Dia juga terang yang memberi kehidupan kepada manusia sama seperti bunga yang tidak mungkin bisa bersemi jika tidak pernah melihat matahari, demikian juga hidup tidak bisa hidup bersemi dengan keagungan dan keindahan yang seharusnya yang dipunyai kecuali jika hidup itu disinari oleh terang kehadiran Yesus.  Yesus juga berkata dalam Yohanes 12:46 “Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang” dalam hal ini terang yang dibawa oleh Yesus ke dalam dunia ada tiga hal yang paling menonjol yaitu:

a. Terang yang dibawa oleh Yesus itu adalah terang yang menerangi kegelapan (Yoh. 1:5) Ia juga adalah satu-satunya pribadi yang bisa menyelamatkan hidup dari kegelapan tersebut.
 
b. Terang yang dibawa oleh Yesus adalah terang yang sanggup menerangi atau mengungkapkan hal-hal yang tidak kelihatan dan juga terang yang memperlihatkan segala sesuatu sebagaimana adanya dan Ia juga menunjukkan segalanya di dalam karakter dan nilai yang benar.
 
c. Terang yang dibawa oleh Yesus adalah terang yang membibing, dan setiap orang yang tidak mempunyai terang itu maka ia akan berjalan didalam kegelapan (Yoh. 12:46).

C. KEADAAN DUNIA DALAM KEGELAPAN
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dunia diartikan sebagai jagat, tempat kita hidup, bumi dengan isinya, alam kehidupan, sekalian manusia yang ada dimuka bumi, lingkungan atau lapangan kehidupan, dunia ilmu, perdangangan.  Dalam Perjanjian Baru kata dunia dalam bahasa Yunani mempunyai tiga pengertian yaitu kosmos berarti dunia sejagat (langit bumi atau universal) (Kpr. 17:24), oikoumene (Ibr. 1:6) yang berarti dunia yang didiami, dan yang terakhir yaitu aion yang digunakan untuk mempertentangkan dunia ini dengan dunia yang akan datang dan menurut Yohanes dunia dijadikan oleh Kristus (Yoh. 1:3). Sedangkan kegelapan dalam seluruh Perjanjian Baru dapat diartikan sebagai berikut:

a. Kegelapan berarti kehidupan tanpa Kristus.
b. Kegelapan itu bermusuhan terhadap terang.
c. Kegelapan menunjukkan kepada kebodohan hidup yang terpisah dari Kristus.
d. Kegelapan berarti kehidupan yang kacau balau tanpa Tuhan.
e. Kegelapan berarti kehidupan yang tanpa moral dari mereka yang hidup tanpa Kristus.
f. Kegelapan mempunyai ciri-ciri sebagai yang tidak berbuah.
g. Kegelapan dikaitkan dengan ketiadaan kasih dan kebencian.
h. Kegelapan adalah tempat tinggal dari musuh-musuh Kristus dan merupakan tujuan terakhir dari mereka yang tidak menerima Dia.
 
Dalam pengertian lain dunia (kosmos) diartikan sebagai bukan dunia yang dikehendaki oleh Allah yang mengikuti hikmatnya sendiri dan yang hidup dengan terang akalnya sendiri (1Kor. 1:21) dan yang tidak mengakui sumber segala hidup yang benar (Yoh. 1:10) dan dunia ini juga yang dirasuki oleh rohnya sendiri dan yang harus diusir oleh Roh Allah agar ia tidak menguasai akal budi dan pengertian manusia (1Kor. 2:12).

D. ORANG PERCAYA MENJADI TERANG (MAT. 5:14)
Dalam Injil Matius pada waktu Yesus berkhotbah dibukit disitu Ia memerintahkan setiap orang percaya harus menjadi terang ditengah-tengah dunia.  Terang dunia yang dimaksud disini adalah mengungkapkan hakekat dari diri setiap orang Kristen karena disitu Yesus memerintahkan agar setiap orang-orang yang percaya kepada-Nya mengikuti teladan-Nya dan Dia juga adalah  terang dunia oleh karena itu orang Kristen diperintahkan untuk menjadi terang itu.  Yesus mengatakan “Selama Aku didunia, Akulah terang dunia (Yoh.9:5) artinya tujuan Yesus memerintahkan agar para pengikut-Nya menjadi terang dunia supaya mereka menjadi sama diri-Nya sendiri (mengikuti teladan yang telah dilakukan-Nya).
 
Dalam penjelasan tersebut di atas terang yang dipancarkan oleh bangsa atau umat Tuhan yaitu bukan terang yang berasal dari diri sendiri melainkan terang yang berasal dari Tuhan.  Dalam hal ini juga Yesus menuntut agar kita orang-orang yang percaya kepada-Nya memancarkan sinar Yesus sendiri melalui kehadiran-Nya di dalam hati kita.
 
Jadi maksud Yesus memerintahkan agar setiap orang percaya kepada-Nya harus menjadi terang yaitu:
1. Pertama-tama yang terutama, maksud dari terang adalah untuk dilihat.
 
2. Terang adalah pembibing artinya terang merupakan sesuatu yang menerangi jalan atau ruangan juga terang itu menjadi pembibing pada jalan yang aman dan baik. Dengan demikian orang Kristen harus menjadi jalan dan terang bagi orang-orang lain dengan kata lain orang Kristen harus menjadi contoh bagi orang banyak. Selain orang Kristen menjadi terang orang Kristen juga memiliki tanggung jawab yaitu setiap orang Kristen berdiri tegak dan mengambil sikap agar saudara-saudanya mengikuti teladannya.
 
3. Terang itu juga memberikan peringatan artinya orang Kristen harus menjadi terang yang dapat dilihat, terang yang dapat memberi peringatan, dan terang yang memberi petunjuk serta pengarahan.
 
Dalam Matius 5:6 menjelaskan “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu di sorga”.  Dalam hal ini ada dua hal yang sangat penting di dalam ucapan ini yaitu orang-orang lain harus dapat melihat perbuatan-perbuatan kita yang baik.  Dalam bahasa Yunani ada dua kata yang bisa diterjemahkan dengan baik yaitu “agathos” artinya sesustu yang baik mutunya dan “kalos” artinya sesuatu yang bukan hanya baik, tetapi juga indah menarik hati dan mempunyai daya tarik.  Dalam bagian ini dapat diarikan bahwa perbuatan yang baik dari orang Kristen bukan hanya harus baik mutunya tetapi juga mempunyai daya tarik artinya  perbuatan itu harus mempunyai sifat yang menarik.  Selanjutnya harus dipahami bahwa perbutan kita yang baik harus dapat menarik perhatian bukan kepada diri kita sendiri tetapi kepada Allah.
 
KESIMPULAN
Dalam tulisan ini penulis menyimpulkan bahwa  tujuan Yesus datang di dunia yaitu untuk membawa terang kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya agar setiap orang menjadi terang bagi banyak orang.
 
Jadi dalam hal ini setiap orang percaya di tuntut agar menjadi terang bagi semua orang dan membawa terang Allah kepada orang-orang yang masih belum percaya kepada Yesus.
Aplikasinya dalam kehidupan kita adalah kita sebagai orang-orang percaya yang telah diterangi oleh Yesus harus memberi dampak positif dan memberi pengaruh yang baik kepada semua orang yang ada disekeliling kita.  Jadi, marilah kita hidup di dalam terang itu karena ketika kita hidup di dalam terang maka kita tidak akan berjalan dalam kegelapan oleh karena itu kita harus menjadikan Yesus sebagai terang dalam kehidupan kita tanpa hadir dalam hati kita maka kita tidak pernah mengalami damai sejahtera.
Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "YESUS TERANG DUNIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel