KESELAMATAN ADALAH ANUGERAH ALLAH DI DALAM YESUS KRISTUS

 KESELAMATAN ADALAH ANUGERAH ALLAH
Titus 2:11-15

11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.
12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini
13 dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,
14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.
15 Beritakanlah semuanya itu, nasihatilah dan yakinkanlah orang dengan segala kewibawaanmu. Janganlah ada orang yang menganggap engkau rendah.

 Ev. Sisca Elvinitif Pebriani S.Th

Bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus sebelum kita membahas teks Firman Tuhan ini, perlu kita ketahui pengertian dari pada keselamatan.  Dalam KBBI kata “keselamatan” berasal dari kata “selamat” artinya terbebas dari bahaya; malapetaka; bencana;terhindar dari bahaya; malapetaka; bencana; tidak kurang suatu apa; tidak mendapat gangguan; kerusakan.  Jadi keselamatan adalah bebas dari segala malapetaka atau masalah atau bencana yang telah terjadi.

Kalkun: Manusia diselamatkan oleh karena anugerah Allah
Bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus pada awalnya manusia telah jatuh  ke dalam dosa oleh karena tidak taat tehadap perintah Tuhan dan akhirnya manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri dari dosa-dosa tersebut sehingga Allah mengaruniakan kepada kita yang menjadi penyelamat yaitu Yesus Kristus sehingga dosa-dosa kita tersebut telah lunas melalui kematian-Nya dikayu salib.  

Jadi kita diselamatkan bukan karena iman kita tetapi anugerah Allah secara Cuma-Cuma yang diberikan-Nya kepada kita seperti yang dijelaskan dalam Yohanes 3:16 karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Kaltan: Apa tujuan Allah menyelamatkan manusia?
Bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus perlu kita mengetahui tujuan Allah menyelamatkan manusia artinya Allah menyelamatkan kita bukan hanya sekedar diselamatkan, tetapi Allah mempunyai tujuan tertentu.
Bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus Allah menyelamatkan kita bukan dalam arti Dia menutupi dosa-dosa kita tetapi supaya kita terbebas dari dosa-dosa kita atau tidak hidup lagi dalam dosa tersebut.

Baca Juga: MELAWAN BADAI KEHIDUPAN DAN MENGATASI RASA TAKUT BERSAMA TUHAN

Kalper: Dalam teks Firman Tuhan ini setidaknya saya menemukan empat tujuan Allah menyelamatkan kita.
Bapa dan teman-taman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus melalui teks Firman Tuhan yang telah kita baca kita melihat bersama-sama tujuan Allah menyelamatkan kita.

1. Supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi (ayat 12a)
Bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus pada poin yang pertama ini menjelaskan kepada kita tujuan Allah menyelamatkan kita yaitu supaya kita meninggalkan atau tidak hidup dalam kefasikan dan dalam keinginan-keinginan duniawi.

Kata “meninggalkan” dalam bahasa Yunani memakai kata “avrne,omai (arneomai) dalam bentuk kata kerja particple middle nominative masculine plural artinya menolak, menyangkal, tidak mengindahkan, tidak bohong. Jadi tujuan Allah menyelamatkan kita supaya kita menolak, menyangkal kefasikan atau hal-hal yang jahat dan keinginan-keinginan duniawi.

Dalam BIS : supaya tidak lagi hidup berlawanan dengan kehendak Allah dan tidak menuruti keinginan-keinginan duniawi. Jadi tujuan Allah menyelamat kita supaya kita tidak lagi hidup dalam hal-hal kejahatan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah dan agar kita tidak menuruti keinginan duniawi artinya hidup kita hanya kepada Allah.
Dalam KJV : kata meninggalkan diartikan sebagai denying (denied) artinya menyangkal, mengingkari, meniadakan.

2. Supaya kita hidup bijaksana beribadah didadalam dunia sekarang ini (ayat 12b)

Bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus dalam poin yang kedua ini menjelaskan kepada kita bahwa tujuan Allah menyelamatkan kita supaya kita semakin bijaksana dan adil dan selama kita hidup didunia selalu beribadah kepada Tuhan.

Kata hidup dalam bahasa Yunani memakai kata zh,swmen (zesomen) dalam bentuk kata kerja subjektif aoris aktif artinya hidup, hidup (kembali), memberi hidup jadi, tujuan Allah menyelamatkan kita supaya hidup kita kembali semakin bijaksana dan adil terus menerus.

Dalam KJV : Kata hidup diartikan sebagai live artinya yang hidup
Jadi, tujuan Allah menyelamatkan kita supaya kita yang hidup kita  didunia ini terus menerus semakin bijaksana dan adil dihadapan Tuhan atau tidak tercemar.

3. Untuk membebaskan kita dari segala kejahatan ayat 14a
Bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus poin yang ketiga ini menjelaskan kepada kita tujuan Allah menyelamatkan kita untuk membebaskan kita atau melepaskan kita dari segala kejahatan. Kata membebaskan dalam bahasa Yunani memakai kata lotrwshtai (lutrosetai) yang berasal dari kata lutrwo (lutroo) dalam bentuk verb subjective aorist middle person singular.  Jadi, Allah menyelamatkan kita untuk membebaskan kita atau melepaskan kita dari segala kejahatan atau dari hal-hal yang jahat yang akan menjatuhkan kita dan supaya hidup kita bebas dari segala kejahatan tersebut artinya kita tidak hidup dalam kejahatan.

Baca Juga: BERDOA DENGAN TIDAK JEMU-JEMU

Dalam BIS: Ia sudah mengorbankan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan artinya Yesus mati dikayu salib agar hidup kita bebas dari segala kejahatan yang akan merusak kehidupn kita.
Bapa kita agar hidup kita selalu berkenan kepada Tuhan dan supaya kita tidak melakukan kejahatan lagi.

4. Untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat kepunyaan-Nya sendiri yang rajin berbuat baik. (ayat 14b)
Bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus dalam poin yang terakhir ini menjelaskan kepada kita bahwa kata megunduskan diartikan sebagai memisahkan. Jadi tujuan Allah menyelamatkan manusia untuk menguduskan atau memisahkan kita dari segala dosa-dosa agar hidup kita semakin baik dan semakin berkenan kepada Tuhan karena kita adalah umat-Nya yang  dipanggil diantara banyak orang.

Kata menguduskan dalam bahasa Yunani memakai kata “kaqarish (katariso) yang berasal dari kata kaqarijw (katharizo) dalam bentuk kata kerja subjective aorist active person singular.  Jadi kata menguduskan ini berarti suatu kata kerja yang telah dilakukan atau yang telah terjadi dan belaku untuk selamanya.

Jadi bapa dan teman-teman yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus Allah menyelamatkan kita agar hidup kita menjadi kudus dihadapan Tuhan dan hidup kita berkenan kepada Tuhan.

Dalam BIS dan menjadikan kita umat yang bebas dari dosa yang menjadi milik-Nya saja, serta yang rajin berbuat baik.  

Jadi kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tujuan Allah menyelamatkan kita agar  kita sebagai umat pilihan-Nya bebas dari segala dosa-dosa dan hidup kita semakin baik dihadapan Tuhan.

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "KESELAMATAN ADALAH ANUGERAH ALLAH DI DALAM YESUS KRISTUS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel