PEMELIHARAAN TUHAN BAGI UMATNYA KELUARAN 13:17-22

A. Latar belakang
Teks Kuaran 13 terbagi dua poin besar Pertama, Kel 13:1-16 Allah memberikan perintah melalui hambanya Musa supaya seluruh umatNya memberikan buah sulung dari semua apa yang mereka peroleh dari ternak, dan juga anak sulung mereka. Kedua, Kel 13:17-22 Providensia/pemiliharaan Allak kepada umatnya.

Apa bentuk pemeliharaan Allah kepada umatnya:
1. Allah mendewasakan umatnya dengan memberikan tantangan yang sulit bagi mereka (Ayat 17-18)

BIS (ayat 17) Sesudah raja Mesir melepas bangsa Israel pergi, Allah tidak membawa mereka lewat jalan yang melalui negeri Filistin, walaupun itu jalan yang paling pendek. Allah berpikir, "Jangan-jangan orang-orang itu menyesal kalau melihat bahwa mereka harus berperang, lalu kembali ke Mesir."
BIS (ayat 18) Karena itu Allah membawa mereka lewat jalan putar melalui padang gurun menuju Laut Gelagah. Pada waktu meninggalkan Mesir, orang-orang Israel itu bersenjata seperti akan berperang.

Jadi, artinya setelah Raja Firaun melepaskan mereka dari perbudakan di Mesir yang sudah hidup berpuluh-puluh tahun disana mengalami begitu banyak kesulitan dan penderitaan, namun itu tidak membuat mereka tidak mengalami kesulitan lagi. Malah Allah menuntun/mengarahkan umat-Nya untuk melalui padang gurun pasir yang harus dilewati untuk perpuluh-puluh tahun demi mencapai tujuan mereka yaitu tanah Kanaan.

Allah mempunyai maksud menggunakan masa pengembaraan itu untuk mendewasakan mereka dan sekaligus untuk mempersiapkan mereka untuk berhasil memasuki tanah perjanjian yaitu tanah Kanaan.

Taf. Alk. Keluaran menjelaskan demikian;
Orang Israel sudah menerima janji tentang negeri yang akan diberikan kepada mereka, tetapi masih lama mereka sebelum mendudukinya. Mereka harus berjalan jauh melalui padang gurun dan mereka belum mengetahui setiap langkah dalam perjalanan. Mereka akan mengalami bermacam-macam kesulitan, kelaparan, kehausan, serta serangan dari musuh. Tetapi sungguh Tuhanlah yang menuntun mereka sampai berhasil memasuki tanah Kanaan.

Apa saja bentuk pemeliharaan Allah kepada umatnya:
2. Allah berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka dapat berjalan dalam siang dan malam (Ayat 21-22)

• Tiang awan melambangkan kemuliaan Tuhan yang selalu menutupi dan menyertai mereka (Kel 40:34-35, 1Raj. 8:10-11)
• Tiang api melambangkan kehadiran, keberadaan Allah  ditengah-tengah umat-Nya (Kel 14:24)
Dua lambang ini terus menyertai umat-Nya hingga sampai di tanah perjanjian dibawah pimpinan Yosua, itu artinya Allah begitu mengasihi, Allah begitu menyangi umat-Nya. Allah bertidak sebagai seorang gembala yang Agung untuk menuntun dan memelihara umat-Nya.

Disini kita juga memahami dan mengerti Allah berjalan di depan mereka, Allah yang berperang melawan musuh mereka, Allah yang mencupkan kebutuhan air mereka, Allah yang mencukupkan makanan mereka, ini semua menujukkan pemeliharaan Allah kepada umat-Nya.

Abraham menjelsakan demikian;
Padang gurun yang dilewati oleh umat Israel menyengat dengan panas matahari yang mengharuskan di siang hari dan dingin yang menusuk tulang di malam hari. Akan tetapi, tiang awan memberikan keteduhan yang menyejukkan siang hari dan tiang api membeberikan kehangatan di malam hari, memberikan lingkungan yang terbaik kepada umat Israel dengan cuaca yang konsisten yang tidak terlalu panas dan tidak telalu dingin. Lebih lagi, tiang api memberikan penerangan kepada umat Israel seperti siang hari dan bahkan melindungi mereka agar tidak satu kali pun terjatuh ke dalam lubang yang sangat banyak terdapat di padang gurun. Sungguh hal ini kasih karunia dan pemeliharaan Tuhan kepada umat-Nya.   

B. Kesimpulan
Apa bentuk pemeliharaan tuntunan Tuhan yang kita rasakan sampai saat ini:
1. Allah menganugerahkan keselamtan untuk kita (Kol 1:13)
Perlu kita menyadari bahwa Allah begitu mengasihi kita, memberikan pemeliharaan-Nya bagi kita dengan anugerah Cuma-cuma yang tidak akan kita dapati di dunia ini.
Firmanya dalam Kol 1:13 “Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; 14 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.”

2. Allah melindungi dari semua jenis malapetaka (Maz 32:10-11)
Bangsa Israel begitu banyak mengalami masa-masa gelap, masa-masa sukar, masa-masa sulit, kira-kira 430 tahun menjadi budak di Mesir, 40 tahun mereka harus melintasi padang gurun, dan setelah itu mereka harus siap melawan bangsa yang menindas disekitar mereka. Tetapi Allah selalu memimpin dan memberkati mereka.

Kita bersyukur sebagai orang percaya jika kita sampai saat ini boleh melewati setiap cobaan, setiap ujian, setiap kesulitan, setiap penderitaan, bahkan wabah virus corona yang memukul dunia saat ini. Kita percaya bahwa pemeliharaan Tuhan terusnyata dalam kehidupan kita, sehingga hari demi hari kita dapat lalu bersama dengan Tuhan.

3. Allah memberikan sukacita/penghiburan takala kita ada dalam kesulitan (2 Kor 1:3)
Segala bentuk pergumulan, segala bentuk kesulitan, sebagal bentuk ujian dan cobaan, biar itu menyediakan kesempatan untuk kita, lebih lagi mengasihi dan mencintai Tuhan dan akhirnya kita akan memperoleh sukacita dan penghiburan karena pengenalan yang dalam akan Dia.

Firman Tuhan mengatakan demikian “Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan” 2 Kor 1:3

Taf. Alk. Keluaran menjelaskan demikian;

Orang-orang Kristen yang berharap kepada Allah mengalami pengalaman yang sama di alami oleh bangsa Israel. Barang kali kita tidak akan hidup dalam keadaan yang lebih baik di atas bumi ini. Barang kali kita akan banyak menderitadan mati syahid. Namun kita yakin bahwa kematian pun tidak akan memisahkan kita dari kasih Allah dalam Kristus Yesus. 

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "PEMELIHARAAN TUHAN BAGI UMATNYA KELUARAN 13:17-22"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel