PRIHATIN DENGAN PEMUDA-PEMUDI YANG PINDAH AGAMA DI PULAU ENGGANO

 PRIHATIN DENGAN PEMUDA-PEMUDI DI PULAU ENGGANO

Ev. Liberman Halawa S.Th

Yang dimana di pualu Enggano terdapat banyak  pemuda atau pemudi Kristen yang hidup ditengah- tengah agama sebelah yang disebut Islam. Sepengetahuan penulis pergaulan mereka sangat antusias atau rasa sosial mereka cukup baik, sehingga kita sebagai pendatang kadang-kadang kita tidak bisa membedakan mereka orang Kristen dan orang Islam. 

Baca Juga: PERBEDAAN CALVINISME DAN ARMINIANISME SOLA GRATIA

Dan kehidupan orang percaya disana secara khusus pemuda pemudi, mereka masih butuh pertolongan, yang artinya bahwa kerohanian mereka masih belum kuat, bisa terombang ambingkan dengan setuasi. Dalam setuasi mereka pada saat ini, karena ditengah-tengah mereka adalah orang-orang agama sebelah kita. sehingga sampai pada saat ini, mereka banyak yang berbalik arah dari status orang percaya kepada Yesus Kristus, menjadi status agama sebelah. 

Dalam kasus ini penulis menyatakan pemuda pemudi yang ada di Enggano, akibat pergaulan dan rasa sosial mereka yang sangat dekat, mereka sangat akrab sekali yang satu dengan yang lain, akibatnya adalah terdapat kawin campur antara agama orang percaya kepada Yesus dengan agama sebelah. Sehingga orang-orang percaya  sebagian berbalik meninggalkan kepercayaannya Kepada Yesus. 

Baca Juga: KESELAMATAN HANYA OLEH ANUGERAH

Disini penulis menyatakan titik kasusnya, yaitu kawin campur, kenapa terjadi hal demikian dasar keteguhan iman mereka atau pondasi iman percaya mereka masih belum kuat, sehingga penulis menyatakan mereka butuh sosok kepribadian yang bisa membawa mereka kehadapan Tuhan dan bisa menguatkan iman percaya mereka kepada Tuhan Yesus. Dan mereka butuh pertumbuhan iman, kenapa mereka bisa mengalami hal demikian adalah dari diri mereka sendiri ada kemalasan dalam gabung dalam persekutuan-persekutuan seperti ibadah pemuda, ibadah umum, atau persekutuan-persekutuan yang lainnya.

Dan mereka pemuda pemudi yang ada di Enggano dan itu adalah salah satu tantangan bagi muda mudi yang ada di Enggano mereka sangat terancam, bagaimana mereka bisa mempertahankan iman percaya meraka kepada Tuhan Yesus Kristus, ditengah-tengah agama Islam yang ada disana.

Dalam kasus ini penulis menyatakan muda mudi yang ada di Enggano mereka sangat terancam dalam iman mereka akibat rasa sosial mereka yang begitu baik atau adat istiadatnya.

TANGGAPAN ATAU SOLUSI

Jika ada orang-orang yang aktif untuk menuntun mereka, sehingga mereka dapat dipulihkan kembali, meraka dapat sungguh-sungguh begabung dalam persekutuan-persekuatuan, baik dalam ibadah-ibadah pemuda maupun dalam ibadah umum, jika mereka dapat melakukan hal demikian dengan sungguh-sungguh maka mereka akan lebih baik, dan mereka dapat menemukan Allah yang sesungguhnya yang patut mereka sembah. 

Dalam kasus ini firman Tuhan menyatakan dalam (1Timotius 4:8)

Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

 Artinya bahwa melatih tubuh atau jasma itu baik, tetapi ibadah itu jauh dari pada itu lebih baik. Maksudnya adalah bagaiman mereka muda mudi yang ada di Enggano melatih atau memperbaiki kerohanian mereka, karena itu sangat penting bagi kehidupan ini, baik yang sekarang maupun hidup yang akan datang. Caranya adalah ada orang-orang yang baik yang bisa menuntun mereka kejalan yang benar. 

God bless

Eman Hlw Seorang hamba Kristus lulusan dari Sekolah Tinggi Teologia Arastamar Bengkulu (STTAB), dan sekarang sedang bertempur diladang pelayanan.

0 Response to "PRIHATIN DENGAN PEMUDA-PEMUDI YANG PINDAH AGAMA DI PULAU ENGGANO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel